RSS

Tol Ungaran Retak Lagi

11 Okt

Ungaran– Badan jalan tol Semarang-Ungaran, tepatnya di Wilayah Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, retak. Posisi retakan sekitar 50 meter selatan  jembatan Penggaron.

Pada titik-titik retakan sepanjang lebih kurang delapan meter tersebut telah ditandai dengan spidol hitam berebentuk lingkaran dan silang di tengahnya. Besar kemungkinan retakan tersebut telah diketahui pelaksana  proyek dan hendak diperbaiki. Namun kemarin, di lokasi tersebut belum ada pekerja yang melakukan aktivitas untuk memeperbaiki retakan tersebut.

Beberapa waktu lalu, pihak pelaksana ptoyek melakukan penguatan pilar di Jembatan Penggaron sepanjang 400 meter. Sebanyak 18 pilar jembatan diperkuat dengan 124bore pile. Jembatan ini berdiri di lokasi lahan rawan ambles. Lapisan tanahnya berupa lempung sehingga mudah menggelincir.

Tanah lokasi yang dipakai dalam pembuatan jalan tol Semarang-Ungaran termasuk labil. Retaknya Badan jalan tol ini bukan terjadi akibat bangunan maupun kostruksi yang tidak kuat, melainkan karena kondisi tanah yang labil. Akibat pergerakan tanah, pilar jembatan tersebut juga gerak.

Pergerakan juga diyakini terjadi di jembatan beton dan gelagar di atas pilar. Konstruksi antar pilar, jembatan, beton, dan gelagar sebenarnya sangat kuat. Namun karena ada pergerakan tanah, keretakan pun terjadi.

Dalam permasalahan di atas seharusnya konsultan pembuatan jalan tol Semarang-Ungaran, melihat perihal mengenai kelabilan tanah yang akan di jadikan sebagai lokasi jalan tol Semarang-Ungaran. Sehingga tidak akan muncul permasalahn seperti ini. Ada beberapa solusi dalam menanggapi masalah tersebut.

Bisa melalui rekayasa dengan pemancanagan burpile atau penyuntikan, atau memindah jalur pada kontur tanah yang stabil.

Nama                        : Rizqy Ridho P

NIM                           : 21040111130056

Kelompok              : 15

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 Oktober 2011 in Tugas

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: